Lebih Taat Kepada Tuhan

Baca: 1 Samuel 20

Walaupun perintah menghormati orang tua merupakan perintah yang penting (Efesus 6:2-3), kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia (Kisah Para Rasul 5:29). Mengapa sikap hormat kepada orang tua perlu dibatasi? Kita harus menyadari bahwa semua manusia—termasuk orang tua—telah berdosa di hadapan Tuhan, sehingga sikap dan perbuatan manusia tidak selalu berkenan di hadapan Tuhan. Saat orang tua kita menghendaki kita melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kehendak Tuhan, di situlah batas ketaatan kita kepada orang tua. Saat kita tidak mengikuti keinginan orang tua yang bertentangan dengan kehendak Tuhan, hal itu tidak berarti bahwa kita boleh tidak menghormati orang tua karena menghormati orang tua merupakan kehendak Allah yang penting untuk kita taati. Ketaatan kita kepada Allah tetap harus kita lakukan dengan sikap hormat (sopan) kepada orang tua. Dengan demikian, kita berharap bahwa ketaatan kita kepada Allah akan membuat orang tua kita menghormati Allah juga.

Sikap Yonatan merupakan contoh yang baik bagi kita. Ia tahu jelas bahwa Daud tidak bersalah. Di samping itu, ia sadar bahwa ayahnya ingin mencelakai Daud karena perasaan dengki yang muncul saat melihat kesuksesan Daud yang membuat Daud menjadi populer dalam pandangan orang Israel. Karena Yonatan adalah seorang yang takut akan Allah, ia berterus terang membela kebenaran dengan membela Daud, sekalipun ia tahu bahwa tindakannya itu menyakiti hati ayahnya dan membahayakan dirinya sendiri. Yonatan memiliki integritas, sehingga ia setia terhadap perjanjian yang telah ia buat dengan Daud (18:3). Ia tidak mau mengingkari janjinya sekalipun ia harus berhadapan dengan ayahnya sendiri yang sekaligus merupakan raja Israel.

Ketaatan kita kepada orang tua seharusnya dilandasi oleh ketaatan kita kepada Allah. Ketaatan seorang anak dalam keluarga Kristen—misalnya dalam hal berdoa dan membaca Alkitab—seharusnya bukan hanya sekadar dilakukan karena diawasi oleh orang tua, melainkan harus berkembang menjadi ketaatan yang berlandaskan hubungan pribadi dengan Tuhan. Ketaatan kepada Tuhan yang hanya disebabkan oleh dukungan lingkungan akan sulit dipertahankan saat menghadapi tantangan. [WY]